Tanggapan tentang website manadokota


Langkah maju dari Pemerintah Kota Manado untuk mempublish kembali official websitenya manadokota.go.id, setelah sebelumnya sempat berganti nama domain dengan desain yang beragam. Website ini memuat beberapa data tentang profil kota Manado, eksistensinya, dan beragam informasi lainnya. Namun ada beberapa hal yang menarik untuk dibahas, mengingat sebuah website di mata internasional merupakan perwajahan dari wajah kota itu sendiri secara fisik.

Penyusunan website yang menarik menjadi harga mati dalam promosi internasional. Layaknya rumah virtual, website memuat katalog isi dan karateristik dari rumah tersebut. Memperhatikan hal ini, penulis sebagai pengguna informasi merasa perlu untuk memberikan komentar dan pandangan dilihat dari teknis penyampaian desain website dan konten informasi. Tanpa mengurasi rasa hormat dan bermaksud menggurui kepada semua pihak terlibat sehingga website tersebut ada, dibawah ini adalah tinjauan singkat dari website manadokota.go.id berdasarkan sudut pandang penulis.

  1. Struktur desain dan navigasi website
    Tema adalah kunci desain sebuah website. Pemilihan tema yang tepat dapat membuat pengunjung betah berlama-lama dalam website. Pemilihan tema website juga menentukan konten yang akan ditampilkan dalam keseluruhan website. Pemilihan tema yang tepat akan membuat pengunjung tidak mudah "tersasar" dalam sebuah halaman yang memiliki tingkat urgensi informasi yang rendah.

    Pertanyaan yang patut jadi ide awal sebelum website manadokota.go.id masuk tahap desain adalah,
    "Apakah website ini mewakili sebuah institusi atau society (masyarakat Manado)?"

    Setelah itu barulah mulai beranjak ke model desain dan teknologi yang akan digunakan dalam website nantinya. Membahas tentang teknologi yang digunakan, saat ini script content management system (CMS) yang digunakan website manadokota.go.id adalah Joomla. CMS ini sekarang cukup populer digunakan oleh banyak website baik organisasi maupun personal. Joomla untuk organisasi konten berupa berita dan informasi lainnya saat ini dinilai cukup powerful diantara beragam jenis CMS lain, apalagi ditambah dengan tersedianya modul tambahan. Menggunakan CMS adalah awal yang baik untuk memulai tahap desain website dan manajemen konten yang berbasis informasi. Namun bukan berarti dengan menggunakan CMS pengguna dapat langsung puas dengan standar struktur website yang dibawa oleh script tersebut. Struktur bawaan (seperti tipe huruf, warna) bisa dimanfaatkan, namun kontrol terhadap tema website mutlak dipertahankan.

    Masih tentang struktur desain, ditemukan beberapa ketidaksesuaian penempatan posisi modul pada website. Modul yang tidak terlalu penting ditempatkan pada halaman awal website. Contoh modul daftar link eksternal tidak perlu dimunculkan pada halaman awal, disebabkan hanya akan membawa pengunjung keluar dari website. Kemudian modul-modul pintar dan interaktif yang memuat informasi penting justru tidak dipasang pada halaman awal. Contoh minimnya link menuju konten baik seputar administrasi pemerintahan (pengurusan ijin, dsb.) maupun potensi masyarakat dan kota itu sendiri.

    Mendesain sebuah struktur layout, konten yang pas, menjadi keharusan dalam website yang akan membawa pada terciptanya sebuah navigasi yang baik.
    Pengunjung harus diarahkan pada artikel atau konten mana yang jadi prioritas dalam website, bagaikan berkata "Hai pengunjung, ini konten penting dan menarik. Perlu dibaca."
    Pengunjung perlu memperoleh artikel atau konten yang mereka butuhkan ketika pertama kali mengunjungi website. Pengunjung perlu diberikan informasi aktual yang membuat mereka bisa kembali mengunjungi website berulang kali. Sebisa mungkin manfaatkan/gunakan/gabungkan materi-materi social networking dengan bijak, untuk meng-improve website ini agar disukai oleh pengunjung.

  2. Konten Website
    Konten dalam website agar terlihat menarik bergantung pada penggunaan tipe huruf (typeface), agar sesuai dengan prinsip tipografi yaitu mudah dilihat (menarik) dan gampang dibaca. Komposisi penggunaan paragraf dan kerapatan tiap teks mesti dijaga sesuai dengan prinsip tipografi tersebut. Kombinasi penggunaan jenis huruf serif dan sans secara bersamaan bisa diterima, namun jangan terkesan asal susun. Sebaiknya pertahankan jenis typeface yang sesuai. Terlalu banyak typeface yang ada dalam sebuah website, kesan yang muncul adalah semarak. Pengunjung berpotensi mengalami disorientasi visual sebagai akibat dari penggunaan huruf yang beragam. Gabungan typeface pada logo, header, menu, konten, dan footer yang terlalu banyak akan merusak prinsip keseimbangan dalam desain.

    Basic color-wheel
    Penggunaan komponen warna sebagai visualisasi konten juga penting. Warna adalah hiasan, namun warna juga adalah sebuah emosi. Pemilihan warna yang pas pada background, teks, link, tone gambar, icon, dan sebagainya hendaknya sesuai dengan tema desain yang diinginkan. Sebuah desain yang calm dan profesional, maupun casual bergantung pada warna dan jenis konten dari website tersebut. Penggunaan dan atau kombinasi color-wheel dan pattern yang tepat, akan membuat konten website semakin menarik. Untuk memudahkan pemilihan warna dalam pattern, disarankan website manadokota.go.id memulainya dari penggunaan warna netral seperti putih.

    Terkait poin tentang tema website, pengunjung sangat menyukai apabila terdapat banyak halaman yang memuat informasi yang lugas, informatif, dan tidak terkesan tandus. Semakin banyak halaman berarti lebih banyak informasi yang dimuat. Semakin banyak informasi didukung penyajian yang menarik menjadikan pengunjung makin betah.

    Pengunjung menyukai data yang up-to-date, menarik, dan berpotensi menambah wawasan. Data-data bersifat statistik hendaknya jangan dipajang secara kolom-baris (statis). Akan lebih menarik jika dipajang dengan menggunakan visualisasi lainnya seperti komparasi data yang interaktif dan dinamis, yang menuntut interaksi pengunjung dengan website yang dapat berupa input langsung data yang diinginkan. Pengunjung juga menyukai kemudahan dalam mengakses dan menyimpan semua informasi yang dirilis oleh website tersebut. Sediakan tempat untuk mengunduh informasi seperti PERDA maupun PERWAKO yang pernah dikeluarkan, baik pengunduhan berupa berkas mentah maupun dalam bentuk portable document format (PDF). Penyediaan berkas seperti ini, menunjukkan transparansi pemerintah kepada masyarakat.

    Halaman tentang pariwisata adalah bagian yang penting dan sangat butuh pengembangan. Buktikan bahwa Visi dan Misi seperti yang tertera pada website, benar-benar serius ingin diwujudkan. Gabungkan desain yang atraktif dan informatif dimana akan membuat informasi tersebut sangat menarik bagi pengunjung, sediakan fitur interaktif buat pengunjung untuk memilih informasi yang mereka inginkan. Halaman pariwisata sangat berpeluang memegang peranan penting dari website ini.

  3. Konten yang hilang.
    Data potensi masyarakat dan kota. Tujuan utama pengunjung mengunjungi website manadokota.go.id adalah ingin memperoleh informasi tentang data administrasi dan kemasyarakatan kota Manado. Info mengenai data statistik masyarakat yang disertai dengan penjelasan yang detil dan menarik, serta informasi administrasi pengurusan ijin dan sebagainya, hingga informasi alamat kantor instansi dan badan yang up-to-date, rasanya perlu disediakan.
    Informasi yang menarik dan up-to-date adalah, informasi yang tidak diperoleh pengunjung di tempat yang lain.
    Tidak perlu harus rinci, yang penting adalah informasi tersebut benar-benar dibutuhkan oleh pengunjung. Sebagai contoh, data jumlah pendapatan domestik bruto (PDB) warga Manado dari tahun ke tahun. Teringat kicauan admin @manadokota dalam akun twitter tersebut, ingin tahu jumlah PDB penduduk Manado yang datanya tidak ditemukan di website manapun.

    Fitur interaktif dan dinamis. Modul-modul interaktif dan kreatif seperti polling dan sebagainya, guna meminta pengunjung memberikan feedback terhadap sebuah isu sangatlah perlu. Hal ini sangat mem-boost ketertarikan terhadap sebuah website pemerintah.
    Adanya halaman untuk badan legislatif dan eksekutif kota Manado merupakan nilai tambah. Penyajian dan tata halaman yang manis dalam sebuah daftar yang interaktif, akan membuat pengunjung senang untuk mengeksplorasi data wakilnya di kantor dewan kota. Item statis seperti peta Manado, sejarah, dan sebagainya ada baiknya disendirikan. Dibuat dalam satu halaman yang dinamis. Peta Manado pun bisa dibuat atraktif sekaligus interaktif, manfaatkan penggunaan teknologi Flash Player dan sebagainya. Sebuah kombinasi antara sejarah Manado dan peta Manado, dapat menghasilkan efek yang menyegarkan, dan terkesan futuristik. Kondisi geografi, demografi, sosial ekonomi masyarakat, penghargaan, dan lainnya harus mendapatkan penjelasan yang ringan dan menyenangkan pengunjung, sehingga informasi yang terkesan kaku dan tegang dapat diterima dengan baik oleh pengunjung.

Pratinjau website manadokota.go.id pada Januari 2011.
Pratinjau: Monalisa Tatoda.
Penulis jadi teringat website official kegiatan World Ocean Conference (WOC) 2009 yang diadakan di Manado lalu, dimana desain awalnya bagaikan sebuah PowerPoint presentation. Namun beberapa waktu kemudian langsung mengalami perbaikan dan berganti menjadi sebuah website yang sangat dinamis dan informasional.

Sejak internet ada, website menjadi satu-satunya alat promosi visual. Semakin menarik sebuah website, tentu saja akan semakin menarik pengunjung (demikian bahasa umumnya). Bayangkan saja jadinya jika hotel bintang lima seperti Borobudur dan Shangri-La, memiliki website bagaikan PowerPoint presentation.

Website pemerintah bagaikan sebuah eksistensi yang tidak hidup di dunia internet. Konten yang jarang diupdate, struktur yang asal-asalan, navigasi yang amburadul, menjadikan rata-rata website pemerintah makin dijauhi oleh pengunjung. Perlu mendapat catatan bahwa sebuah website perlu diperhatikan dan dirawat, bukan sekali publish dan selesai. Bilamana hal ini terjadi dikarenakan kurangnya tenaga teknis pada institusi terkait yang berpengalaman dalam bidang ini, tidaklah salah jika dipertimbangkan opsi outsourcing baik selama masa production maupun maintenance.

Mengubah sebuah pandangan mengenai desain website yang menyenangkan, memang bukanlah hal yang cepat dan mudah. Namun jika tidak dimulai dari sekarang, tentu saja akan berlarut-larut seperti yang terjadi selama ini. Akhir kata, tulisan ini bukanlah sebuah kritik, saran, apalagi sebagai review. Kurangnya aspek penting seperti sustainability, security, dan beberapa hal major lainnya yang tidak dibahas, menguatkan hal tersebut. Rasanya cukup jika tulisan ini dikatakan sebuah pandangan dari sisi pengunjung, dan sebagai tanggapan buat rekan se profesi yang menanyakan tentang hal ini. :)

2 komentar:

  1. Kita rasa masih terlalu banyak kekurangan salah satunya soal desain, tingkat keterbacaan, navigasi seperti yang bro katakan,...

    BalasHapus
  2. cuman da bking 1 malam ini bro so kejar waktu da bking... hahahaha... :D

    deng kita kwa da bking ini :)

    BalasHapus

author
Erol Joudy
Freelance graphic designer, db-admin, WordPress addicted, Bayern München fans, Blogger.