Menggunakan Twitter dan Facebook bersamaan via TweetDeck


Aktifitas social-networking secara online sangatlah mengasyikkan. Cukup bermodalkan sebuah aplikasi yang dipasang pada PC maupun laptop, kegiatan social-networking makin mudah.

Sebenarnya banyak pilihan aplikasi seperti ini, yang dapat meng-cover sekaligus aktifitas update status Facebook, berkicau di Twitter, check-in di Foursquare, jadi buzzer di Google Buzz, dan sebagainya. TweetDeck adalah salah satunya.

TweetDeck adalah sebuah aplikasi desktop untuk Twitter, Facebook, LinkedIn, Google Buzz, Foursquare, dan MySpace. Aplikasi ini kompatibel dengan beberapa aplikasi desktop yang ada, seperti Microsoft Windows, Mac OS X, dan Linux. Versi untuk iPhone diluncurkan pada 19 Juni 2009, dan untuk iPad pada bulan Mei 2010. Versi lainnya yang tersedia adalah untuk Android, Chrome, dan BlackBerry.

Untuk menjalankan TweetDeck pada PC, diperlukan sebuah aplikasi yang perlu diinstall terlebih dahulu, namanya Adobe AIR.
Adobe® AIR® adalah sebuah platform yang memungkinkan para developer membuat aplikasi HTML, JavaScript  Adobe Flash® Professional software, dan ActionScript® untuk menjalankannya secara mandiri (baca: standalone) tanpa menjalankan browser terlebih dulu.

[ Unduh Adobe AIR ] [ Unduh TweetDeck ]

[ Cara install TweetDeck pada PC ]


Berikut ini adalah tutorial untuk menggunakan Twitter dan Facebook menggunakan TweetDeck pada PC.



Pertama kali menjalankan TweetDeck, pratinjau disamping ini akan muncul. Apabila sudah memiliki akun TweetDeck sebelumnya, klik tombol Sign in to TweetDeck.

Bilamana belum memiliki akun TweetDeck, jangan kuatir, lanjutkan saja dengan mengklik tombol Add Twitter.

Pada pratinjau ini, masukkan username dan password dari akun Twitter yang dimiliki. Tekan tombol Submit untuk melanjutkan login.

Jika muncul pratinjau seperti disamping ini, klik tombol Skip this step.

Dari langkah sebelumnya, pratinjau disamping ini adalah tampilan dashboard milik TweetDeck.
Linimasa (baca: timeline) dari akun Twitter akan muncul pada layout standar dashboard TweetDeck ini.
Untuk menambahkan Facebook kedalam TweetDeck, klik Add More Accounts.

(Perhatikan posisi kursor mouse pada pratinjau disamping ini.)

Sebuah jendela akan aktif, pada pratinjau disamping klik tombol Add New Account, lalu pilih Facebook pada pilihan yang muncul kemudian.

Silahkan masukkan username dan password akun Facebook yang diinginkan untuk ditambahkan kedalam TweetDeck. Klik Login untuk melanjutkan.

Sampai pada pratinjau disamping, silahkan tekan tombol Save settings pada bagian kanan bawah, untuk menyelesaikan proses integrasi akun Facebook kedalam TweetDeck.

Saat ini akun Facebook dan Twitter sudah bisa digunakan dari Twitter. Jika ingin memposting sesuatu ke Facebook, klik icon Facebook untuk mengaktifkan, klik sekali lagi untuk menonaktifkan (silahkan lihat posisi kursor pada gambar).


Demikian juga halnya dengan Twitter. Bilamana ingin memposting sesuatu dan menginginkan muncul secara bersamaan baik di Twitter maupun Facebook, aktifkan saja keduanya.
Mudah kan. ;)
author
Erol Joudy
Freelance Branding Designer, and Database Administrator.
Mastering Adobe Photoshop CS6, Adobe Illustrator CS6, and Microsoft SQL Server. Background Corel Draw X5 designer.
Blogger, former teacher and overclocker.