Cara mengaktifkan Dynamic Views untuk Blogger

Beberapa bulan yang lalu Google memperkenalkan cara baru menampilkan isi blog yang menggunakan layanan mereka (baca: Blogger/Blogspot). Pada saat itu yang bisa menggunakan fitur terbaru yang diberi nama Dynamic Views ini hanyalah blog terbaru, sementara blog lama belum compatible (kalau saya bisa menyebut demikian). Seiring dengan publikasi tampilan dashboard Blogger yang baru, batasan blog lama untuk menggunakan Dynamic Views dihilangkan.
Dynamic Views dibangun menggunakan teknologi terbaru dalam industri web (AJAX, HTML5 dan CSS3), dan memiliki waktu loading 40% lebih cepat dari tampilan blog sebelumnya. Kelebihan Dynamic Views yang terlihat adalah sistem navigasi konten yang didesain untuk memiliki fungsi yang dinamis dan sangat modern, sangat membantu pengunjung untuk berpindah isi blog dari yang terbaru hingga lama sekalipun dalam waktu yang relatif singkat. Google mencoba untuk memberikan nuansa dan perspektif yang baru bagi sebuah blog. Mereka kelihatannya serius dengan misi untuk membuat internet semakin cepat dan gampang diakses. :D


Slogan yang diusung Google untuk Dynamic Views adalah infinite scrolling, speed, and interactivity. Tujuh template yang diberikan sangat mencerminkan slogan tersebut. Dibawah ini saya mencoba ketujuh tampilan Dynamic Views yang dapat dipilih oleh semua pemilik blog, disertai dengan fitur unik yang ada.

Classic
Classic view
Fitur classic view:
  • Infinite scrolling menggantikan link “Older posts”. Pengunjung dapat menampilkan semua konten blog dalam satu halaman. Konten akan dimuat setiap kali pengunjung menggulung layar (scroll). Fitur ini sepertinya terinspirasi dari laman Twitter.
  • Gunakan tombol keyboard untuk berpindah isi blog dengan cepat. Tombol J dan panah kanan, untuk posting lama. Tombol K dan panah kiri, untuk posting baru.



Flipcard
Flipcard view
Fitur flipcard view:
  • Klik pada tampilan kartu yang mewakili setiap konten blog, untuk membukanya dalam sebuah jendela unik (full-view) dalam halaman.
  • Pada mode full-view, manfaatkan tombol keyboard untuk berpindah isi blog dengan cepat. Tombol J dan panah kanan, untuk posting lama. Tombol K dan panah kiri, untuk posting baru. Tekan tombol Esc untuk kembali ke tampilan sebelumnya.

Magazine
Magazine view
Fitur magazine view:
  • Menaruh kursor diatas konten, akan memunculkan animasi jumlah komentar pada kontent tersebut.
  • Klik pada tampilan kartu yang mewakili setiap konten blog, untuk membukanya dalam sebuah jendela unik (full-view) dalam halaman. 
  • Klik “X” untuk menutup mode full-view.

Mosaic
Mosaic view
Fitur mosaic view:
  • Melakukan klik pada setiap thumbnail gambar, akan menampilkan isi konten tersebut dalam tampilan penuh. Melakukan klik sekali lagi, akan mengembalikan ke tampilan mosaic.
  • Posisi/tampilan setiap thumbnail ditentukan secara acak tiap kali blog dimuat, dengan konsistensi posisi dari kiri atas ke kanan bawah yang merupakan postingan lama.
  • Manfaatkan tombol keyboard untuk berpindah isi blog dengan cepat. Tombol J dan panah kanan, untuk posting lama. Tombol K dan panah kiri, untuk posting baru.
  • Mendukung tampilan rotasi layar. Sangat disarankan untuk blog dengan statistik pengunjung pengguna tablet yang tinggi.

Sidebar
Sidebar view
Fitur sidebar view:
  • Kolom sebelah kiri adalah navigasi konten yang menyertakan thumbnail dan jumlah komentar. Konten yang ada disusun secara berurut dari atas kebawah sesuai dengan usia konten, posisi teratas adalah yang terbaru.
  • Gunakan tombol J dan panah kanan, untuk berpindah ke posting lama. Tombol K dan panah kiri, untuk berpindah ke posting yang baru.

Snapshot
Snapshot view
Fitur snapshot view:
  • Tampilan ini hanya memunculkan gambar yang ada dalam seluruh blog.
  • Klik pada gambar akan membuka full-view dari konten blog gambar dimaksud.

Timeslide
Timeslide view
Fitur timeslide view:
  • Tampilan ini membagi blog kedalam 3 area. Kolom kiri: menampilkan spoiler isi beserta gambar, dan judul. Kolom tengah: menampilkan spoiler isi dan judul, tanpa gambar. Kolom kanan: menampilkan judul postingan saja.
  • Sewaktu mengetikkan kata yang ingin dicari pada kolom Search dibagian kanan atas halaman, konten blog yang cocok dengan kata tersebut akan langsung ditandai.

Cara mengaktifkan Dynamic Views
INFO: Sebelum mengaktifkan Dynamic Views disarankan untuk melakukan backup terhadap template lama blog. Hal ini disebabkan segala modifikasi dan setting blog lama akan terhapus sewaktu Dynamic Views diaktifkan.
Dynamic Views akan bekerja bilamana blog Anda memenuhi kriteria sebagai berikut:
  • Blog tersebut bersifat publik. Para pengunjung tidak diharuskan melakukan login untuk membaca blog.
  • Blog diaktifkan untuk tampilan Feeds secara penuh. Silahkan cek di bagian Settings | Other.
    Periksa pengaturan yang ditunjukkan pada pratinjau dibawah ini.


Untuk menggunakan Dynamic Views pada blog, kunjungi tab Template. Pada template Designer, pilih salah satu model dari tujuh tampilan yang tersedia. Lihat pratinjau berikut ini.


Sewaktu tulisan ini dibuat, Google belum mengizinkan pengaturan lebih lanjut seperti penggunaan widget/gadget pada blog. Jadi, tombol Customize dan Edit HTML pada Template Designer tidak berfungsi dengan maksimal.
Untuk mengembalikan ke tampilan blog sebelumnya tanpa Dynamic Views, cukup menggunakan fitur Backup/Restore.

Sekian tutorial dan tipsnya. Have fun. (^^,)

6 komentar:

  1. tampilan blogspot skarang lebih canggih dan majuuu...keren pulaa...
    bro maapkan baru sempat visit :D

    BalasHapus
  2. Tampilan dashboardnya Blogger juga makin keren

    BalasHapus
  3. @ranny,,
    Tegaaaa.. (T.T)

    @ronny,,
    Yup. Dengar2 info, perhitungan statistik sudah di-improve pada tampilan baru Blogger, terutama perhitungan pageview/hits. (^^,)

    BalasHapus
  4. saya sudah aktifkan blogger dynamic tamplate,
    tapi kenapa semua banner+ facebook+ twit pada hilang yah??
    sayang banget,
    tahu cara mengaktifkannya kembali dengan tapi tetap dengan dynamic tamplete??

    BalasHapus
  5. @about ME,,
    Iya, hanya untuk saat ini.
    Upgrade Blogger kedepan sudah akan support penggunaan banner dan sebagainya (widget pada template). ;)

    BalasHapus
  6. kunjungan perdana sob!!!!

    blogger manado ini kang??? sama bos!!!
    pasiar pa tape blog nech!!

    BalasHapus

author
Erol Joudy
Freelance graphic designer, db-admin, WordPress addicted, Bayern München fans, Blogger.