Cara Menjaga Kesehatan Meskipun Sibuk Kerja



Berikut ini adalah beberapa cara sederhana supaya kita tetap sehat meskipun sibuk bekerja.

Perbanyak Minum

Faktanya, 70 persen dari kita mengalami dehidrasi. Hal tersebut menyebabkan lesu, kembung, dan hilang konsentrasi. Berdasarkan pengamatan, jika tak mempunyai mempunyai botol air minum di dekat kita, kemungkinan besar kita tak minum dengan cukup. Walaupun sudah mengonsumsi beberapa cangkir kopi atau teh dan sudah merasa tak haus, namun Anda harus tetap minum air putih setidaknya satu liter setiap harinya agar tetap terhidrasi. Jadi biasakan menyediakan satu botol air minum yang minimal berisi 600 ml di meja kerja agar tubuh kita terhidrasi dengan baik.

Jadwalkan Waktu Makan

Jika tak menjadwalkan waktu makan, maka kemungkinan besar kita akan lupa untuk makan siang. Melewatkan waktu makan dapat mempunyai akibat yang tak baik untuk tubuh, seperti maag dan turunnya kadar gula darah. Jadi biasakan untuk beristirahat setiap 3 sampai 4 jam kerja dan mengonsumsi makanan sehat agar nutrisi tubuh terpenuhi. Selain tubuh sehat, kerja juga dapat lebih maksimal.

Berdiri

Terlalu banyak duduk dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, seperti bertambahnya berat badan, tidak lancarnya aliran darah, hingga meningkatkan resiko serangan jantung. Hal tersebut dapat disiasati dengan berdiri setiap beberapa menit sekali. Bahkan, kita juga dapat bekerja sambil berdiri dengan meja yang telah dimodifikasi setidaknya dua jam setiap hari. Selain baik untuk kesehatan, ternyata berdiri yang dilakukan dengan benar juga dapat membakar kalori dan baik untuk tulang belakang.

Jauhkan Makanan dari Pandangan

Manusia memang telah diprogram untuk mengonsumsi makanan yang ada di depannya. Jika membawa atau mendapat makanan, pastikan taruh di tempat yang tak dapat Anda lihat. Selain itu pastikan makan jika benar-benar lapar bukan karena sedang bosan.Menyimpan camilan seperti kacang-kacangan dan kue kering dengan porsi seimbang juga dapat dilakukan agar ketika jadwal makan tiba Anda tidak menjadi rakus.

Pergi ke Luar

Penting untuk pergi dan berjalan-jalan ke luar kantor agar mendapatkan udara segar dan juga sinar matahari yang cukup. Sedikitnya 30 persen orang dewasa Australia kekurangan vitamin D. Hampir sama dengan dehidrasi, kekurangan vitamin tersebut juga dapat menyebabkan kelelahan, nyeri, dan lesu. Setidaknya sempatkan 10 hingga 20 menit untuk mendapatkan udara segar dan sinar matahari yang cukup.

Hindari Camilan Tak Sehat

Sebagian besar orang-orang mungkin gemar ngemil, termasuk saat berada di tempat kerja. Namun seperti yang kita tahu, tak semua camilan mengandung zat yang baik untuk tubuh. Penuhi kalori yang dibutuhkan tubuh dengan camilan atau makanan yang mengandung banyak nutrisi, vitamin, dan mineral, seperti sayuran, buah-buahan, dan makanan sehat lainnya.

Berhati-hati dengan Rekan Kerja yang Gemar Membawa Makanan

Hampir dapat dipastikan bahwa setiap kantor memiliki orang yang gemar membawa makanan atau dikenal sebagai office feeder. Entah itu dengan membawa brownies atau kue lezat buatannya. Mungkin sesekali Anda boleh mengambilnya, namun pastikan jangan berlebihan. Kue yang memiliki rasa enak biasanya mengandung gula atau lemak tinggi.

Wajib Makan Siang

Makan siang merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan. Dengan melewatkannya, Anda justru membiarkan tubuh untuk semakin ingin mengonsumsi gula dan karbohidrat. Jika melewatkan makan siang, pada sore harinya Anda akan mengonsumsi lebih banyak makanan. Jadi, jangan lewatkan rutinitas tersebut dan pastinya dipenuhi dengan menu bergizi serta porsi yang tepat.


Jalan Kaki

Bagi pekerja kantor, mungkin sulit untuk menemukan waktu berolahraga. Namun dengan berjalan kaki 10.000 langkah sehari dapat membantu kita memiliki tubuh yang sehat. Jika memungkinkan, Anda bisa berjalan kaki ke tempat kerja atau juga menggunakan transportasi umum. Selain sehat, kegiatan tersebut juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Cari Rekan Kerja yang Mendukung untuk Hidup Sehat

Jika berada pada lingkungan kerja yang sehat, maka hal tersebut mendukung kita untuk mengontrol berat badan dan memiliki pola hidup sehat juga. Akan lebih baik jika Anda memiliki rekan kerja yang sama-sama memiliki tujuan untuk hidup sehat. Hal ini bertujuan agar pencapaian yang diinginkan dapat diraih karena mendapat pengawasan dan dukungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

author
Erol Joudy
Freelance graphic designer, db-admin, WordPress addicted, Bayern München fans, Blogger.