Download film dengan BitTorrent

BitTorrent adalah sebuah protokol untuk pengunduhan, mengunduh dari PC orang lain (peers) yang sudah selesai mengunduh file yang sama, daripada mengunduh dengan mengandalkan satu server download saja. BitTorrent (lebih dikenal dengan "torrent") adalah sebuah protokol yang sama dengan http:// yang memungkinkan untuk membuka sebuah website, atau protokol ftp:// yang memudahkan untuk mem-browse dan mengambil "isi" dari sebuah server.

Mekanisme pengunduhan torrent memungkinkan bandwidth sebuah server tidak akan terbebani sepenuhnya pada aktifitas unduh per individu, distribusi bandwidth-nya dibagi ke beberapa pengguna (peers) yang sudah memiliki salinan dari file yang ingin diunduh tersebut. Dengan mekanisme ini, torrent menjadi sangat populer di kalangan pembajak maupun pengguna software/media bajakan. File utama dari torrent tidak pernah tersimpan dalam sebuah server, namun dibagi ke ribuan PC milik pengguna. Artinya pemilik hak cipta dari sebuah software/media yang dibajak, tidak pernah bisa menggugat/menutup sebuah server yang dituduh mendistribusikan file ilegal, dikarenakan salinan file yang dimaksud tidak ada dalam server mereka.

Bram Cohen adalah programmer yang merancang protokol ini pada April 2001 dan pertama kali diimplementasikan pada 2 Juli 2001, dan sampai saat ini diasuh oleh perusahaan milik Cohen sendiri, BitTorrent, Inc.

Cara mengunduh film menggunakan Torrent
Garis besarnya adalah sebagai berikut,
  1. Unduh dan instal aplikasi client Torrent. Banyak sekali torrent client yang beredar saat ini, gratis dan powerfull untuk digunakan.
  2. Temukan website yang menyediakan file torrent untuk mengunduh film yang diinginkan. Gunakan search engine untuk mencari website yang dimaksud, manfaatkan keyword seperti "download torrent" dan "torrent website".
  3. Mulai mengunduh.
Dibawah ini adalah langkah-langkahnya.



Unduh dan instal aplikasi client untuk BitTorrent, dalam tutorial ini saya menggunakan uTorrent. [ Unduh disini ]

Selesai menginstalasi, kunjungi website yang menyediakan file torrent yang hendak diunduh.
Dalam tutorial ini saya mengunjungi website [Taka] Fansubs yang menyediakan file torrent untuk mengunduh episode terbaru dari anime Naruto Shippuuden.

Klik link yang ada untuk memulai perintah mengunduh.

Pada pratinjau disamping ini, klik "Open with" dan pilih "uTorrent" agar file ini langsung dibuka menggunakan uTorrent.

Klik OK untuk melanjutkan.

Selanjutnya uTorrent akan otomatis memunculkan kotak dialog seperti pratinjau disamping ini.

Klik tombol "..." pada Save As untuk menentukan letak file hasil pengunduhan torrent nantinya.

Pada Torrent Options, berikan nama Label untuk memudahkan pengarsipan. Dan jangan lupa untuk memberikan tanda centang pada "Start Torrent", agar pengunduhan langsung dimulai.

Lanjutkan dengan menekan tombol OK. Pengunduhan akan langsung dimulai.

Untuk mengatur jumlah bandwidth yang terpakai sewaktu mengunduh, klik kanan pada file yang sedang diunduh, kemudian pilih Properties.

Catatan:
Langkah ini bersifat pilihan, bisa diabaikan.

Pada entri "Maximum download rate (kb/s)", masukkan jumlah rate bandwidth yang ingin digunakan sebagai patokan angka maksimum. Klik OK untuk mengkonfirmasi.

Pada tutorial ini saya memasukkan angka 200 kb/s, artinya masih ada sisa rate bandwidth sebesar 50 kb/s agar supaya aktifitas browsing tidak terganggu (contohnya ketika streaming video YouTube), dari total rate download sebesar 250 kb/s yang saya miliki.

Catatan:
Langkah ini bersifat pilihan, bisa diabaikan.
Disamping ini adalah pratinjau ketika aktifitas pengunduhan sedang berjalan.

Proses pengunduhan bisa di-pause atau di-stop dan di-resume kapan saja.

Disamping ini adalah pratinjau yang menunjukkan kecepatan download torrent yang sedang berjalan. Saya sebelumnya sudah mengatur limitasi torrent ini untuk berjalan tidak melebihi dari 200 kb/s. Kecepatan torrent akan naik turun, lebih kearah stabil pada angka 200 (lihat grafiknya).

Ketika proses pengunduhan selesai, buka menu Completed pada menu bagian kiri aplikasi uTorrent.
Klik kanan pada file yang selesai, pilih "Open containing folder" untuk melihat file yang sudah selesai tersebut.

Pastikan untuk selalu melakukan scanning menggunakan antivirus yang sudah diupdate, sebelum membuka/menjalankan file apapun yang diunduh.

Have fun guys. ;)
author
Erol Joudy
Freelance Branding Designer, and Database Administrator.
Mastering Adobe Photoshop CS6, Adobe Illustrator CS6, and Microsoft SQL Server. Background Corel Draw X5 designer.
Blogger, former teacher and overclocker.